NASIONAL

Pemprov Bali Kebobolan, Sejumlah Pekerja Migran Bali Asal Karangasem Sudah Pulang Duluan


Denpasar, OborSultra.com – Sebanyak 212 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali dijadwalkan pulang pada Minggu (22/3/2020) malam.

Rencana kepulangan ratusan krama Bali yang bekerja di kapal pesiar dan spa tersebut melalui Bandara Ngurah Rai, Bali yang oleh Pemprov Bali telah menyiapkan 600 Kamar Karantina Khusus selama 14 hari.(berita jarrakpos.com tgl 22 maret 2020).

“Mulai malam ini (Minggu, 22/3/2020, red) kita menyiapkan tempat karantina bagi pekerja di luar negeri, khususnya kerja di Cina, Australia, Korea, Iran, Italia, Spanyol, Vatikan, Amerika, Inggris, Prancis dan jerman,” ungkap Gubernur Koster kepada JARRAKPOS.com, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Bule Yang Diduga Meninggal Karena Miras di Bali Ternyata Positif Corona

Terkait kepulangan ratusan PMI ini, Pemprov Bali melalui Satgas Penanggulangan Covid-19 akan melakukan karantina.





Beberapa tempat telah disiapkan untuk menampung sementara, antara lain Badan Pelatihan Kerja (Bapelkes) Provinsi Bali di Jalan By Pass Prof IB Mantra, Kertalangu, Denpasar; Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali Jalan Hayam Wuruk, Denpasar; Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Bali di Batubulan, Gianyar, dan tempat lainnya.

“Satgas juga menyiapkan skema penjemputan para pekerja migran ini dari bandara dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, sehingga semuanya menjalani pemeriksaan dan lain-lain sesuai protap dan akan ditempatkan di tempat karantina yang telah ditetapkan,” kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra melalui keterangan tertulisnya usai memimpin rapat di Kantor Inspektorat Provinsi Bali, Minggu (22/3/2020).

Baca juga: Kapankah Wabah Virus Corona Akan berakhir Dan Kehidupan Kembali Normal?

Namun sayangnya, pemprov sudah kebobolan. Sejumlah PMI asal Karangasem diketahui telah kembali ke kampung halamannya lebih dulu tanpa sepengetahuan satgas dan pemprov Bali, sehingga lolos pengecekan oleh tim medis.

Informasi di lapangan, para PMI ini pulang ke Karangasem sejak satu minggu yang lalu. Mereka bekerja di benua Eropa, seperti Italia dan Turki, yang merupakan negara terinfeksi Covid-19.

Para PMI yang bekerja di kapal pesiar, spa dan sektor pariwisata ini, kembaali ke Indonesia melalui agennya, dan luput dari pengawasan serta pemantauan Satgas Covid-19 Provinsi Bali.(*day)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close