SEPUTAR KOTA

Pemkot Kendari Bentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Tangani ODGJ

"Dampak Pandemi Covid-19 menjadi kedala dalam pelayanan"


Kendari, OborSultra.com – Pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Kendari meningkat secara signifikan di tahun 2020. Sebelumnya di tahun 2019 berjumlah 120 jiwa dan meningkat secara drastis di tahun 2020 sebanyak 435 jiwa. Hal tersebut di laporkan oleh Samsul Bahri, Ketua Panitia kegiatan Pertemuan Koordinasi Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kota Kendari di salah satu Hotel di Kota Kendari pada Rabu (23/06/2021)

“Data pasien jiwa atau ODGJ di Kota Kendari tahun 2019 sebanyak 120 jiwa sedangkan pada tahun 2020 meningkat menjadi 435 jiwa, selisih angka yang menunjukkan adanya cakupan program pelayanan namun disisi lain tentu harus mendapat perhatian agar para ODGJ itu dapat sembuh,” ujar Samsul Bahri.


Menanggapi peningkatan angka yang signifikan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, permasalahan penerapan protokol selama masa pandemi Covid-19 ini, menjadi salah satu penyebab meningkatnya pasien ODGJ.

Baca Juga:

“ini kompleks ya, sudah pandemi Covid, kemudian banyak ekonomi kita yang terpuruk dan itu kemungkinan besar bisa jadi masuk ke jiwa manusia, karena kondisi keadaan menyebabkan banyak orang berfikir, stress, akhirnya bisa lari ke kesehatan jiwa,” ungkap Nahwa.

Nahwa berharap bukan hanya pemerintah Kota serta OPD saja tetapi masyarakat juga dapat bekerja sama untuk menanggulangi hal tersebut

“Karena itu kita harus sama-sama masyarakat tidak hanya menyerahkan kepada orang kesehatan jiwa saja tetapi kita semua termasuk OPD terkait,” pungkasnya. (lan/tim)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker