GAYA HIDUP

Ingin Punya Pelat Nomor Cantik? Ini Harga Resminya

"Pelat nomor cantik paling mahal adalah pelat dengan kombinasi satu angka"


Jakarta, OborSultra | Pelat nomor kendaraan cantik memiliki kombinasi huruf dan angka tertentu sesuai keinginan pemilik kendaraan. Pelat nomor cantik tersebut bisa dipesan masyarakat umum ke kepolisian dengan tarif khusus.

Pelat nomor yang dalam regulasi disebut sebagai Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) memiliki kombinasi huruf dan angka yang disebut Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB).


Tarif pembuatan pelat nomor cantik digolongkan tergantung jumlah angka pada pelat, semakin sedikit angka, harganya akan semakin mahal. Penghilangan huruf belakang juga akan membuat harga pelat nomor jadi lebih mahal.

Baca Juga:

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020, tarif termurah NRKB Pilihan adalah Rp5 juta sedangkan yang paling mahal adalah Rp20 juta.

NRKB dengan kombinasi empat angka diberi harga Rp5 juta, namun jika pemilik kendaraan ingin menghilangkan huruf belakang, pelat nomor tersebut akan dikenakan harga Rp7,5 juta per penerbitan.

Pada pelat nomor cantik dengan kombinasi tiga angka diberi harga Rp7,5 juta. Jika pemilik kendaraan menghilangkan huruf belakang pada pelat akan dikenakan harga Rp10 juta.

Sedangkan NRKB dengan kombinasi dua angka dihargai Rp10 juta, dan Rp15 juta jika pemilik kendaraan ingin menghilangkan huruf di belakang pelat.

Pelat nomor cantik paling mahal adalah pelat dengan kombinasi satu angka. NRKB ini diberi harga Rp15 juta per penerbitan, dan Rp20 juta jika pemilik kendaraan ingin menghilangkan huruf belakang pada pelat.

NRKB normalnya ditentukan kepolisian sesuai nomor urut pendaftaran, tetapi masyarakat diizinkan untuk mengubah NRKBnya menjadi NRKB Pilihan yang berisi huruf dan angka pilihan.

Pada Pasal 8 dijelaskan perihal pengajuan NRKB Pilihan bisa dilakukan ke unit pelayanan registrasi kendaraan setempat, ini bisa dilakukan secara fisik atau elektronik.

Pihak kepolisian melalui video penjelasan di akun Youtube, NTMC Channel, memberikan penjelasan mengenai pembuatan pelat nomor cantik yang bisa dilakukan dengan meminta diuruskan pihak dealer.(*ade)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker