EKONOMI

Imbas Covid-19 Terhadap Penjualan Produk Organik Buton Utara


Kendari, OborSultra.com – Dampak penyebaran Covid-19 terhadap penjualan produk organik Buton Utara beberapa hari belakangan ini melonjak tinggi akibat meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap bahan makanan. Hal ini dikatakan oleh pengelola Toko Ole-Ole Wakawondu Waode Rulia Payman di toko Ole-Ole Wakawondu, Selasa (24/3/2020).

“Alhamdulillah ada peningkatan drastis terhadap penjualan produk organik Buton Utara. Kalau bulan sebelumnya pembeli boleh dihitung jari, namun bulan ini ada kenaikan hingga 200 persen lebih setiap bulannya,” jelas Rulia

Rulia mengungkapkan pula bahwa jika pada bulan sebelumnya toko tidak seramai ini, namun sekarang toko lumayan ramai oleh pembeli.

“Pada bulan sebelumnya toko tidak seramai ini, namun sekarang sudah banyak pembelinya. Dari segi pendapatan juga mengalami peningkatan. Beras Wakawondu misalnya, pada bulan sebelum adanya bencana covid-19 penjualan mencapai 80 – 100 Kg. Setelah penyebaran covid-19 ini penjualan meningkat dari bulan sebelumnya 917 kg,  bulan ini (Maret 2020) mencapai 1.240 kg per bulannya. Begitu pula dengan Virgin Coconut Oil (VCO) dan Coocking Coconut Oil (CCO) atau yang biasa disebut dengan minyak kelapa asli,  itu penjualannya mencapai 15 liter, pada bulan ini mencapai 78 liter,” tambahnya.

Petugas jaga toko Ole-Ole Wakawondu Soleha, menyampaikan bahwa beras Wakawondu mengalami peningkatan luar biasa dari bulan sebelumnya.





“Utamanya beras Wakawondu, itu mengalami peningkatan penjualan yang cukup besar, diikuti oleh produk organik lainnya seperti minyak VCO dan minyak CCO yang awalnya penjualan hanya di kisaran 15 liter namun sekarang mencapai 78 liter,” ungkap Soleha.

“Mudah-mudahan nantinya pembeli dan penjualan tetap seperti ini meski bencana covid-19 sudah selesai,” harap Soleha.


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close