DAERAH

Apresiasi Seni Ditengah Pandemi Covid-19, Bunda Baca Sultra Bacakan Puisi ‘Indonesia Adalah Saraswati’


Kendari, OborSultra.com – Bunda Baca Sulawesi Tenggara (Sultra), Agista Ariany Ali Mazi, membacakan puisi ‘Indonesia Adalah Saraswati’ dalam acara Apresiasi Puisi dan Lagu yang diselenggarakan Radio Republik Indonesia (RRI) Stasiun Kendari, bertempat di Aula Idris Dg. Sirua RRI Kendari, Selasa lalu.

Apresiasi Sastra dan Lagu ini sejatinya hendak mengelaborasi puisi-puisi Mohammad Rohanudin, yang terkumpul dalam buku puisi tunggal bertajuk, “Bicaralah yang Baik-baik”, terbitan Yayasan Pustaka Obor Indonesia, tahun 2020.

“…Indonesia adalah Saraswati, tempat ibu menanak ilmu membentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia adalah Saraswati, tempat padi tumbuh…tumbuh subur dan berbulir penuh, tempat sungai mengalir deras berair sebening kaca, tempat anak-anak bertanam dan menjaring akar-akar budaya, lantas menekaskannya dalam tempayan-tempayan kebermaknaan. Di tepian pesisir anak-anak bersorak sorai, kedatangan ayah…menunggu kedatangan ayah, meluapkan kegembiraan setelah semalam membasuh muka basah air laut…”

Baca Juga:
Ket. foto: Acara Apresiasi Puisi dan Lagu yang diselenggarakan Radio Republik Indonesia (RRI) Stasiun Kendari.(foto: Frans Patudungan)

Demikian bunyi penggalan puisi berjudul “Indonesia adalah Saraswati” yang dibacakan dengan sangat intonatif oleh Bunda Baca Sultra, Agista Ariany Ali Mazi, diiringi permainan bunyi pada lemma tertentu dalam larik, daya puitik didorong untuk menciptakan kesan ke-saraswati-an yang ingin digapai serta tentang keagungan Ibu Pertiwi yang teramat indah hingga tak pernah habis kata untuk menggambarkannya.

Baca Juga: 





Selain Bunda Baca, juga ada beberapa penampilan dari seniman lokal Kendari, yang membacakan beberapa judul lain dalam kumpulan puisi tersebut. Penampilan menarik lainnya adalah Kaila Gilda Zaisyakirah yang membacakan puisi “Robek-robeklah Dadaku”. Kaila adalah juara Lomba Bercerita Anak yang dianggit RRI Kendari.

Bersama Ismi Nindiyas, Veny Rahmawaty, dan Diah Soraya Faqih, Agista Ali Mazi juga membawakan beberapa nomor lagu dalam iringan Backstage Band.(*ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close