fbpx
DAERAH

Bawaslu Kota Kendari Sosialisasikan Peran Stakeholder Cegah Pelanggaran Pemilu


Kendari, OborSultra.com – Menjelang dilangsungkannya Pilkada Serentak di beberapa daerah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari menggelar sosialisasi tentang peran stakeholder dalam pencegahan pelanggaran pidana pemilu di hotel Zahra Syariah Kendari, Selasa (25/2/2020).

Kegiatan tersebut menghadirkan empat orang nara sumber yakni Asisten III Setda Kota Kendari Ir. Agus Salim Safrullah, MS,. Ketua Lembaga Pemantau Pemilu Muhammad Jufri, Ketua Komisi Informasi Publik Andi Hatta, serta dari unsur LSM Krisni Dinamita.


Baca juga : Gubernur Ali Mazi Diminta Segera Hentikan Dugaan Pertambangan Ilegal di Kolaka Utara

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kota Kendari Sahinuddin mengharapkan adanya masukan dari stakeholder yang dapat melahirkan rekomendasi dalam rangka pencegahan pelanggaran pemilu di Kota Kendari.

Baca Juga:

“Dalam kegiatan ini kami mengundang narasumber dari beberapa stakeholder yang selama ini menjadi penggiat pemilu agar dapat memberikan masukan tentang strategi apa yang harus dilakukan dalam rangka meminimalisir pelanggaran pemilu,” ujarnya.

Baca juga : Dituduh Jarang Ngantor, Lukman Abunawas Berang Tidak Terima

Ia menegaskan pentingya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilu khususnya ASN di lingkup Pemkot Kendari agar tidak menjalankan politik praktis.

“Dari lembaga pemantau pemilu mereka bisa memantau dan mempunyai legal standing sebagai pelapor jika dilihat ada indikasi pelanggaran pemilu. Peran pers, NGO (Not Goverment Organisation) penggiat pemilu serta peran perempuan sangat penting untuk memberikan masukan yang baik agar semua bisa bersinergi menciptakan pemilu yang berdemokrasi,” tegasnya.

Ia juga berharap stakeholder bisa memberi peran yang proporsional pada tahapan pemilu nanti sehingga terbangun iklim politik yang sehat.

“Upaya untuk meningkatkan peran stakeholder adalah bagaimana setiap momentum harapannya semua stakeholder bisa berkumpul untuk berdiskusi memberi masukan dan ide sehingga pada tahapan pemilu chemistry-nya sudah terbangun dan semua sudah dapat bekerja pada porsinya masing-masing,” harapnya.(sul/ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close