DAERAH

Bupati Buton Utara : Stop Menjadi Agen Covid-19


Burunga, OborSultra.com – Bupati Buton Utara Drs. H. Abu Hasan, M.Pd., menegaskan kepada seluruh Jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat agar tidak keluar daearah dulu. Pernyataan ini disampaikan Abu Hasan saat ditemui oleh sejumlah wartawan di kantor Sekretariat Daerah Buton Utara, Kamis (26/3/2020).

“Saya menegaskan kepada seluruh Jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat agar tidak keluar daearah dulu. Langkah ini merupakan upaya dan sumbangsih kita terhadap pencegahan penyebaran penularan Covid-19 di Buton Utara. Begitu juga yang masuk di wilayah Buton Utara agar mengarantina diri secara mandiri, dengan demikian kita tidak menjadi agen virus corona (Covid-19),” ujar Abu Hasan.

Baca juga: Logistik Kesiap-siagaan Penularan Covid-19 Di Kabupaten Butur Mulai Didatangkan

Bupati sadar betul kalau himbauan tersebut tidak termasuk isolasi total atau Lockdown, karena opsi Lockdown konsekuensinya besar.

“Salah satu bekal penting yang wajib disiapkan pemerintah daerah jika melakukan kebijakan Lockdown adalah terkait stok pangan. Namun, bukan hanya menjamin ketersediaannya saja juga harus mampu menjamin keterjangkauan dari aspek harga dan juga aksesnya. Agar jaminan ketersediaan pangan, keterjangkauan harga dan akses itu tetap aman, pemerintah harus mampu memetakan secara akurat stok pangan dan memprioritaskannya kepada wilayah paling rentan, selain itu pemerintah wajib menyajikan data lebih transparan kepada publik,” tambah Abu Hasan.

Bupati Buton Utara juga akan menindak tegas terkait ada pihak yang nakal mengambil keuntungan ditengah situasi merebaknya penyebaran virus corona seperti pedagang nakal dengan sengaja menimbun dan menaikkan harga pangan seperti beras dan lain-lain.

“Kami akan menindak tegas kepada pihak yang nakal, mengambil keuntungan ditengah situasi merebaknya penyebaran virus corona seperti pedagang nakal yang dengan sengaja menimbun dan menaikkan harga pangan seperti beras dan lain-lain. Dalam waktu dekat kami beserta seluruh jajaran terkait akan melakukan operasi pasar untuk memeriksa stok dan harga berbagai kebutuhan pangan,” tutup Abu Hasan.(*ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close