DAERAH

Balitbang Provinsi Sultra Luncurkan Sistem Informasi Bansos


Kendari, OborSultra.com – Sejumlah kebijakan bantuan bagi masyarakat lapisan bawah telah ditetapkan pemerintah dengan dana yang dialokasikan sebesar Rp110 triliun. Kebijakan penyaluran bantuan yang semula tiap tiga bulan sekali pun diubah menjadi setiap bulan, mulai April hingga Desember 2020 selama sembilan bulan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, percepatan pencairan bantuan sosial itu merupakan salah satu langkah pemerintah mengantisipasi dampak wabah Covid-19.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Prov. Sultra telah melakukan sosialisasi dan diskusi optimalisasi Sistim Informasi Penanganan (SIP) Covid-19.

Agar masyarakat dapat terdata dan memudahkan untuk menyalurkan bantuan, Balitbang Prov. Sultra telah menyediakan situs  https://laporbansos.sultraprov.go.id yang bisa diakses oleh OPD maupun masyarakat agar bisa melaporkan masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Tersedianya big data yang terintegrasi di semua tingkatan sangat baik sebagai kontrol dalam pemberian bantuan kepada masyarakat agar tidak terjadi penumpukan, over lapping maupun adanya pengaduan masyarakat terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan dari pemerintah,” kata Kepala Balitbang Prov. Sultra, Sukanto Toding, beberapa hari lalu.

“Tersedianya sistim informasi (SIP) penanganan dampak Covid-19, diharapkan dapat menyajikan informasi dan data penanganan Covid-19 secara cepat bagi pemangku kepentingan di Sulawesi Tenggara, serta adanya penyajian data, informasi dan kajian perihal dampak penaganan Covid-19 terhadap keadaan ekonomi masyarakat Sultra,” lanjutnya.

Mari peduli saudara kita yang kurang mampu dan terdampak oleh Covid-19 dengan mengusulkan mereka kedalam Sistim Informasi Penanganan Covid-19 (SIP -COVID 19).

Untuk mengusulkan masyarakat yang layak untuk menerima Bansos, bisa langsung di akses melalui halaman Usulan Penerima Bantuan dengan terlebih dahulu mengisi formulir usulan.

Dengan mengusulkan saudara, tetangga atau warga disekitar kita pada SIP-COVID 19 kita telah ikut memperkuat Basis Data Keluarga Kurang Mampu Provinsi Sulawesi
Tenggara.(*ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close