DAERAH

DPP Lembaga Adat Tolaki Siap Dukung Program Kerja Pemerintah di Sultra


Kendari, OborSultra.com – Lembaga Adat Tolaki (LAT) menggelar Pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki Provinsi Sulawesi Tenggara Masa bakti 2020-2025 di Hotel Azizah Syariah Kendari, Rabu (26/8/2020).

Pengukuhan pengurus LAT dengan tema ‘Optimalisasi peran lembaga Adat Tolaki sebagai mitra Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Daerah dalam Bingkai NKRI’ tersebut juga dihadiri Muspida Provinsi Sultra.

Ketua Umum DPP Lembaga Adat Tolaki Drs. Manshyur Masie Abunawas, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kehadiran Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka,S.E,.MM yang telah meluangkan waktu menghadiri pengukuhan Lembaga Adat Tolaki.

Baca Juga:

Baca juga: Ali Mazi Kukuhkan DPP Lembaga Adat Tolaki Sulawesi Tenggara Masa Bakti 2020-2025

Mansyur Masie Abunawas mengatakan, pengukuhan kepengurusan lembaga Adat Tolaki adalah salah satu rangkaian proses setelah melakukan Musyawarah Adat ke-4 yang dilakukan Februari lalu.

“Pengukuhan lembaga adat tolaki ini adalah rangkaian proses terbentukya kepegurusan Lembaga berdasarkan hasil musyawarah adat,”jelasnya saat memberikan sambutan.

Keberadaan suku tolaki lanjut dia, berdasarkan data sensus penduduk tahun 2020 terdapat 37% Suku asli tolaki yang mendiami Bumi Anoa Sulawesi Tenggara.

Pada kesempatan tersebut, Mansyhur Masie Abunawas menyampaikan beberapa hal kepada Gubernur Selawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH untuk kiranya membantu dalam membesarkan Lembaga Adat Tolaki.

“Kami berharap agar lembaga adat tolaki ini dapat diberikan bantuan setiap tahunnya dalam bentuk APBD agar komunikasi bisa berjalan bersama masyarakat adat lainnya yang ada di Sultra,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris DPP LAT Sultra. Drs. Bisman Saranani, M.Si., melalui wawancara dengan sejumlah awak media menanggapi aksi damai masyarakat Tolaki yang mendesak pihak Kepolisian agar segera menuntaskan kasus penghinaan terhadap suku (Tolaki) di medsos segera ditindak lanjuti agar hal tersebut tidak berlarut-larut.

Baca juga: Unjuk Rasa Masyarakat Tolaki Desak Kepolisian Tuntaskan Penghinaan di Medsos

“Semua yang kita ajukan melalui DPP LAT, agar diproses secara hukum, kita serahkan kepada Polda, bukan malah masyarakat yang nanti akhirnya menyelesaikan, sudah banyak kejadian dan belum ada yang di proses hukum sampai selesai dan belum ada kejelasan. Jangan disimpan sampai bertumpuk-tumpuk,” kata Bisman Saranani.

Ia berharap setelah pengukuhan ini akan ada rapat kerja dan penetapan program kerja sekaligus mendukung program kerja Pemerintah, berkoordinasi dengan pihak-pihak yang
bisa bersama-sama membangun dan menjaga keamanan di Sulawesi Tenggara.

“Akan ada rapat kerja, paling telat awal September dan setelah itu akan ada audensi kepada Gubernur, Kapolda, Danrem untuk menyelesaikan masalah-masalah. Sekecil apapun Lembaga [Adat] Tolaki siap membantu pemerintah dan pihak keamanan untuk menjaga ketertiban di wilayah ini,” jelasnya.

Acara yang dihadiri Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH, dan wakil gubernur DR. Lukman Abunawas tersebut, juga dihadiri Danrem 143 Haluoleo Brigjend TNI Jannie A Siahaan, Kapolda Sultra Brigjend Pol.Drs. Yan Sultra Indra jaya, tamu undangan OPD, Forkompimda Sultra, pemangkuh, petinggi adat tolaki serta tokoh adat tolaki dari berbagai daerah yang ada di Sultra.(sul)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close