HUKUM

PMII Muna Peringati Setahun Wafatnya Randi dan Yusuf kardawi, Minta Proses Hukum Segera Tuntas


Raha, OborSultra.com – Demonstrasi memperingati setahun wafatnya Randi dan Yusuf kardawi yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa yang berlangsung di Tugu Pahlawan Kabupaten Muna, Sabtu (26/9/2020).

Aksi yang mahasiswa yang tergabung di dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini berlangsung kondusif dengan pengawalan sejumlah aparat dari kepolisian.

Ketua PMII Muna Oskar Kokahita, S.Pi., dalam orasinya menyampaikan bahwa aksinya turun kejalan sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian kami terhadap saudara seperjuangan kami yang gugur dalam perjuangan pada tanggal 26 september 2019 silam.

“Namun sangat di sayangkan pelaku penembakan dua mahasiswa universitas haluoleo sejauh ini belum ada kejelasannya, Apakah sampai hari ini pihak aparat hanya berdiam diri seolah-olah tidak tauh persoal tersebut,” ujar Oskar.

Selaku penanggung Jawab aksi, Oskar berharap kasus ini harus segera di tuntaskan yang menurutnya ada kejanggalan kenapa sampai saat ini jalan ditempat.

“Karna kami tahu pelaku dari penembakan adalah salah satu oknum badan penegak hukum itu sendiri, kemudian masyarakat akan menilai bahwa pihak kepolisian yang dalam menangani kasus tersebut tebang pilih.

Sementara itu, Korlap aksi demonstran Tirano, dalam orasinya mengatakan bahwa proses hukum atas meninggalnya dua mahasiswa Unhalu se-segera mungkin diselesaikan hingga tidak terkesan ada pembiaran terhadap pelaku.

“Jangan sampai di negeri ini hukum hanya tajam kebawah tapi tumpul keatas dan seolah-olah proses hukum ini adalah konspirasi,” Tegasnya.

Randi menjadi korban penembakan saat melakukan aksi penolakan sejumlah undang-undang bermasalah bersama ribuan mahasiswa dari berbagai universitas Kota Kendari di DPRD Sultra pada 26 Spetember 2019. Aksi mahasiswa ini berujung ricuh dengan aparat keamanan.

Akibatnya, Randi kena tembak di depan Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Jalan Abdullah Silondae, Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.(MYRP)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close