INTERNASIONAL

Pemerintah Arab Saudi Hentikan Visa Umroh Sementara Waktu


Jakarta, OborSultra.com – Kedutaan Besar RI di Riyadh mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang kena imbas larangan umroh sementara yang dikeluarkan Arab Saudi hari ini, Kamis (27/2/2020).

Penangguhan visa umroh itu dikeluarkan Saudi di tengah penyebaran virus corona yang terus melonjak terutama di kawasan Timur Tengah.

“Ya, betul [WNI juga tidak bisa melaksanakan umroh sementara],” ucap Duta Besar Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dikutip dari CNN.

Baca juga : Tiga Mahasiswa Sultra Asal Konawe Utara Yang Tiba dari Hubei Tidak Dikarantina

Agus menuturkan saat ini pemerintah Indonesia tengah berdialog dengan Saudi untuk meminta kejelasan nasib WNI yang sedang dan tengah memiliki rencana menunaikan umroh dalam waktu dekat.

“Kami sedang berusaha melobi Saudi karena Indonesia tidak termasuk negara yang terpapar corona,” ucap Agus.

Aturan penangguhan umrah dirilis Kerajaan Arab Saudi pada Kamis dini hari. Dalam rilis itu, Kementerian Luar Negeri Saudi menuturkan akan melarang sementara warga negara asing yang ingin masuk ke negara dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawai di Madinah.

Baca juga : Ini Penjelasan Dokter Tentang Virus corona, Gejala dan Bahayanya

Selain berhenti mengeluarkan visa umroh, Saudi juga menyetop pemberian visa wisata bagi wisatawan asing yang berasal dari negara-negara yang memiliki kasus virus corona, Saudi juga akan menghentikan lalu lintas keluar masuk warga negara anggota Dewan Kerja Sama Negara Teluk Arab (GCC) ke wilayahnya dengan menggunakan kartu penduduk.

Saudi turut meminta warganya untuk tidak berpergian sementara waktu ke negara-negara terpapar Covid-19.

“Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut di atas adalah sementara dan penerapannya akan terus dievaluasi oleh lembaga pemerintah terkait,” bunyi pernyataan Kemlu Saudi.(ard)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close