TEKNO

Listrik Tenaga Solar Panel Makin Diminati, PT Wedosolar Dukung Energi Baru Terbarukan

"PT Wedosolar Kini Miliki Jumlah Pelanggan Capai 3.152"


Jakarta, OborSultra | Minat pasar terhadap Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap semakin besar. Hal itu tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang listrik tenaga matahari ini untuk memenuhi kebutuhan pengguna listrik tenaga surya sebagai dukungan terhadap implementasi penggunaan energi baru terbarukan.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menilai, tingginya minat terhadap PLTS Atap di dorong oleh teknologinya yang relatif mudah diimplementasikan di segala area.


Selain itu, PLTS Atap juga didukung dengan biaya instalasinya yang terus menurun dan kian ekonomis.

Baca Juga:

“Per Januari 2021 pun sudah ada 3.152 pelanggan dengan total kapasitas terpasang mencapai 22,632 mega watt peak (MWp),” ujar Dadan dalam keterangannya, Jumat (16/4/2021).

Pemasangan terbesar dilakukan oleh PT Coca Cola di Cikarang, Jawa Barat, yakni sebesar 7,2 MWp. Instalasi ini bahkan terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Selanjutnya ada PLTS Atap Danone Aqua di Klaten sebesar 3 MWp, PLTS Atap Refinery unit 3,36 MWp, PLTS Atap Sei Mangkei 2 MWp, PLTS Atap KESDM 859 kWp, PLTS Atap Angkasa Pura II 241 kWp, dan PLTS Atap SPBU Pertamina sebesar 52 kWp.

“Perhitungan ini belum termasuk pelanggan rumah tangga yang trennya makin naik. Makanya, kami optimis terhadap peluang tenaga surya ini,” ucapnya.

Dadan menjelaskan, PLTS Atap didorong untuk mengakselerasi target bauran EBT 23 persen pada 2025. Pertumbuhannya kian masif terlihat dari kapasitas terpasang saat ini.

Ia pun optimistis laju penambahan konsumsi PLTS Atap mampu menekan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 3,2 juta ton CO2e.

ubiqu
#OB/8/JU21

Upaya ini dibarengi dengan terwujudnya target penambangan kapasitas terpasang hingga 2,14 Giga Watt (GW) di 2030 mendatang.

Rinciannya dengan menyasar ke bangunan dan fasilitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar 742 MW, industri dan bisnis 624,2 MW, rumah tangga 648,7 MW, pelanggan PLN dan kelompok sosial 68,8 MW, serta gedung pemerintah 42,9 MW.

Dadan bilang, saat ini pemerintah tengah menyelaraskan regulasi melalui Peraturan Presiden mengenai tarif listrik EBT dan revisi Permen ESDM untuk menarik lebih banyak pihak menggunakan energi terbarukan.

“Khusus PLTS Atap, insyaallah tahun ini kami targetkan 70 MW dari realisasi tahun 2020 sebesar 13,4 MW,” kata dia.

Adapun kini sudah ada empat payung hukum yang mengatur tentang pemasangan PLTS Atap, yaitu Peraturan Pemerintah No 25 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang ESDM.

Kemudian Peraturan Pemerintah No 14 tahun 2012 tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik, lalu Peraturan Menteri ESDM No 2018 tentang Penggunaan PLTS Atap oleh Konsumen PLN.

Serta Peraturan Menteri ESDM No 2019 tentang Kapasitas Pembangkit Tenaga Listrik untuk Kepentingan Sendiri yang Dilaksanakan Berdasarkan Izin Operasi.

PT. Wedosolar Indonesia sebagai merek INDONESIA berkomitmen memberikan Solusi Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan kualitas bertaraf international dan secara terus menerus akan mengembangkan produk-produk dengan kualitas terjamin dan efisien sebagai salah satu SOLUSI ENERGI ALTERNATIF PLTS buat INDONESIA.

PT. Wedosolar Indonesia adalah perusahaan Nasional yang ikut berpartisipasi dalam memberikan solusi energi terbaru, salah satunya yang lebih dikenal dengan Energi Tenaga Surya. Untuk itu PT. Wedosolar Indonesia menghadirkan berbagai solusi produk yang memanfaatkan Energi Tenaga Surya / Panas Matahari seperti Lampu Penerangan Luar / Solar Integrated Lamp, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (atau lebih dikenal dengan nama PLTS) dengan kategori untuk rumah tinggal, industri dan dalam skala besar yang disebut Solar Farm.

Adapun Teknologi yang ditampilkan oleh PT. Wedosolar Indonesia adalah teknologi yang paling mutakhir dan semua produk diproduksi dengan proses Quality Control (QC) yang ketat. Disamping itu PT. Wedosolar Indonesia juga berkomitmen memberikan Layanan Purna Jual yang excellent disemua produk-produk yang sudah terinstall di lapangan.(*ade)

Contact Info
Ruko Alam Sutera Town Centre
Jl. Alam Sutera Boulevard Blok 10-D No. 18
Tangerang 15325, INDONESIA
Telp: (021) 29211462, 29853852/53
Website : www.wedosolarindonesia.com



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker