PENDIDIKAN

Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Gelar Bimtek Budidaya Abalon, Dukung Potensi Ekonomi Maritim


Kendari, OborSultra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) budidaya abalon dalam rangka mengawali pengembangan budidaya abalon di Kota Kendari, Rabu (25/11/2020).

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari, Ir. H. Rahman Napirah, M M, dan diikuti oleh nelayan/pembudidaya abalon dari kelurahan Purirano kecamatan Kendari serta penyuluh perikanan kota Kendari.

Dalam sambutannya, H. Rahman Napirah mengharapkan agar setelah kegiatan bimtek ini para peserta dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal teknik pembudidayaan abalon mulai dari pembuatan karamba abalon, pembuatan apartemen gantung abalon sebagai tempat pemeliharaan, jenis pakan dan manajemen pemberian pakan dengan tetap menjaga lingkungan perairannya.

Baca Juga:

Ia juga berharap agar komoditas abalon dapat dikembangkan di kota Kendari, khususnya di kelurahan Purirano yang ditetapkan sebagai lokasi Pilot Project kegiatan budidaya abalon.

Ket. foto: Bimtek Budidaya Abalon, Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kendari.(foto: Andi Besse Patadjai).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Aquatech Institute dan Abalone Care Indonesia yang juga merupakan akademisi dan peneliti abalon dari Universitas Halu Oleo Kendari. Materi bimtek antara lain Pengembangan Budidaya Abalon Sebagai Komoditi Unggulan dan Sebagai Salah Satu Penunjang Edu-Ekowisata Bahari kota Kendari, disampaikan oleh DR. Ir. Andi Besse Patadjai, M.Sc.





Materi kedua tentang Penanganan Juvenil dan Metode Pembesaran Abalon, disampaikan oleh DR. Ermayanti Ishak, S.Pi, M.Si, serta materi ketiga tentang Sistim Pemberian Pakan, Pencegahan dan Penangan Penyakit, disampaikan oleh Disnawati, S.Pi , M.Si.

Baca juga:

Ketiga materi tersebut disampaikan sebagai upaya dalam membumikan pembudidayaan abalon pada masyarakat pesisir sebagai salah satu komoditi yang mensupport potensi ekonomi maritim Indonesia.

Sementara itu, ketua panitia bimtek mengatakan, tujuan kegiatan bimtek antara lain untuk meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap (PKS) nelayan pembudidaya abalon dalam teknik budidaya, memotivasi dan meningkatkan partisipasi nelayan/pembudidaya abalon dan stakeholder bidang kelautan perikanan, mendorong peningkatan kemampuan usaha budidaya dan penanganan hasil budidaya abalon melalui peningkatan kapasitas kelompok nelayan yang kuat dan mandiri serta meningkatkan income masyarakat.

Ditambahkan pula bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung rencana walikota Kendari, H. Sulkarnain K, SE., ME, untuk mengembangkan wilayah kelurahan Bungkutoko sebagai kawasan wisata kampung kerang, khususnya wisata kuliner keong abalon dan berbagai ornamen/cenderamata dari cangkang keong abalon, yang disampaikan dalam seminar virtual kepariwisataan pada bulan Mei 2020 yang lalu.(*ema)

Tinggalkan Balasan


Back to top button
Close