DAERAH

Tahun 2020 Buton Utara Rencana Adakan Panen Raya


Ereke, OborSultra.com – Sejak awal pencanangan Kabupaten Buton Utara sebagai kabupaten organik awal tahun 2017 silam, hasil pertanian padi organik di Butur menunjukkan hasil yang terus meningkat. Disamping luas lahan yang terus bertambah dari tahun ke tahun produksinyapun memperlihatkan kemajuan yang cukup signifikan. Hal tersebut disampaikan Kabid Tanamann Pangan Kabupaten Buton Utara, Laode Sabaruddin, S.P., di Ereke, Selasa (28/01/2020), menanggapi sejumlah kritikan seputar pertanian padi di Butur yang akhir-akhir ini mencuat di medsos.

“Kalau seandaainya ada pihak dari manapun yang ingin turun langsung melihat, menyaksikan lahan petani pengembangan padi ladang tahun 2020 kami siap mengantar dan menunjukan lokasi tersebut, tidak perlu ke dinas tapi kita langsung ke lahan pertanian di 6 kecamatan,” ujarnya sambil memperlihatkan data peta lahan padi organik tahun 2019 yang tersebar di seluruh kabupaten Boton Utara.

“Jadi, yang belum tahu mungkin jalan-jalannya kurang jauh,” ujarnya berseloroh.

Ket foto: Peta Luas Lahan Pertanian Kab Buton Utara

Menurut data yang dihimpun OborSultra.com, luas lahan kering untuk pertanian padi, pada tahun 2017 mencapai 400 Ha yang tersebar di 12 desa dan kelurahan dari enam kecamatan yaitu Kulisusu, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Kambowa dan Wakarumba Utara, dengan kebutuhan benih sebesar 10.000 Kg, sementara untuk tahun 2018 luas lahan mencapai 500 Ha tersebar di 25 desa/kelurahan, produksi sebesar 1015,4 Ton dan ditahun 2019 luas lahan bertambah menjadi 747 Ha dengan produksi sebesar 1578,33 Ton.

Baca juga : Pemprov Sultra Dorong Petani Tanam Varietas Unggulan Untuk Tingkatkan Produktivitas Padi

Laode Sabaruddin menambahkan, untuk tahun 2020 areal pengembangannya mencapai 500 Ha dan rencananya pada tahun ini juga Pemerintah Kabupaten Butur melalui Dinas Tanamann Pangan akan melaksanakan panen raya.

“Tahun ini insya Allah kita adakan panen raya dan kita upayakan yang hamparan luas,” tutupnya.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close