EKONOMI

Mitra Grab Bisa Dapat Pinjaman Rp 5-50 Juta, Ini Caranya


Jakarta, OborSultra.com – Grab bekerjasama dengan Bank BRI memberikan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) kepada mitranya dengan besaran maksimal mencapai Rp 5 juta dan KUR hingga Rp 50 juta.

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan tahap awal fasilitas kredit ini akan diberikan kepada 1.000 mitra. Jika berjalan dengan baik, maka akan diberikan kepada lebih banyak lagi mitra Grab lainnya.

“Ini justru pentingnya jadi mitra yang baik. Ini program mitra berprestasi, baik, rajin, ratingnya bagus. Itu penting, berkali-kali program kita berlandaskan itu,” ujarnya dilansir dari CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Melalui pembukaan rekening BRITAMA untuk pinjaman mereka, mitra pengemudi juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% nilai saldo atau maksimum coverage hingga Rp 150.000.000. Adapun untuk pembayaran cicilan, bisa dibayar harian.

“Langsung dicicil harian dari saldo wallet para mitra pengemudi. Gampang prosedurnya, terutama saat penting seperti saat ini,” ujarnya lagi.





Tak hanya memberikan fasilitas kredit tanpa agunan, Grab juga memfasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mitra-nya. KUR yang diberikan mencapai maksimal Rp 50 juta dengan bunga 6% setahun.

KUR ini menurutnya bermanfaat bagi mitra Grab, yang disebutnya juga sebagai wirausahawan mikro. Sayangnya sebagai pengusaha kecil, ada kalanya mereka tak memiliki catatan keuangan dengan baik. Di sinilah Grab berperan untuk memberikan rekomendasi bagi mitranya agar memperoleh fasilitas kredit dari perbankan.

“Grab sebagai platform yang punya catatan sehingga bisa memberikan rekomendasi,” tegasnya.

Sama halnya dengan KTA, angsuran dari KUR ini juga bisa dibayarkan secara harian. Ini bisa dilakukan karena sistem transaksi digital yang diterapkan Grab.

Sebelumnya, Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani mengatakan BRI memahami, pekerja harian dan pelaku UMKM seperti mitra pengemudi Grab adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. Mayoritas masyarakat harus Work-From-Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan mereka.

“Fasilitas Pinjaman Dana Tunai ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Grab,” pungkasnya.


Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close