DAERAH

Tingkatkan Kemampuan UMKM Warga, Babinsa Lainea Beri Motivasi Kepada Peternak Ayam Ras Petelur di Wilayahnya

"Babinsa adalah ujung tombak satuan dilapangan, maka kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat"


Kendari, OborSultra | Babinsa Koramil 1417-04/Lainea Serda La Ode Arwa melaksanakan Komsos dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Peternak Ayam Ras Petelur milik Ibu Nur Hayati di Desa Tirausu, Kec. Kolono, Kab. Konsel, Rabu (28/07/2021).

“Pelaksanaan Komsos merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan, serta merupakan sarana Babinsa untuk mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat di wilayah binaannya. Salah satunya dengan mendatangi Ibu Nur Hayati seorang usahawan peternak Ayam Petelur,” ujar Dandim 1417/Kendari Kolonel Kav Agus Waluyo S.I.P dalam rilisannya (Rabu/28/Juli/2021).


Menurutnya, sudah semestinya seorang Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya, agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik. Dan juga dapat memberikan motivasi dan ide-ide yang dapat memajukan usaha-usaha kecil di wilayah binaanya, seperti usaha peternakan ayam petelur.

Baca Juga:

“Babinsa adalah ujung tombak satuan dilapangan, maka kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat,” lanjutnya.

Di area kandang dengan luas 50 M2 ini terdapat Ratusan ayam Ras Petelur, Serda La Ode Arwa memberikan saran kepada Nur Hayati untuk selalu menjaga kebersihan kandang ayam, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap yang bisa menyebabkan lalat menjadi banyak. Hal ini bertujuan supaya tidak ada komplain dari warga. Karena dekat dengan pemukiman warga, kebersihan harus tetap terjaga.

“Kegiatan semacam ini rutin dilakukan untuk menjaga hubungan silaturahmi dan sekaligus mendengarkan apa yang menjadi keluhan warga, terkait pengembangan usaha mereka,” ungkap Babinsa.

“Saya harap Ibu Nur Hayati selaku pemilik kandang ayam, agar selalu menjaga kebersihan kandang, agar tidak menimbulkan bau disekitar kandang,” kata La Ode Arwa.

Di samping itu Ia juga menghimbau selalu mematuhi protokol kesehatan dan mensukseskan program vaksinasi di pandemi Covid 19 ini.

“Jika selesai dari kandang ayam selalu mencuci tangan menggunakan sabun selalu menggunakan masker pada saat bekerja selalu menjaga jarak agar terhindar dari virus Covid-19,” pungkasnya.

Nur Hayati pun sangat berterima kasih kepada Pak Babinsa yang sudah berkenan singgah di rumah dan melihat kandang ayamnya, Babinsa Mengakiri kegiatan komsos dan Babinsa berpamitan untuk melanjutkan kunjungan ketempat usaha UMKM lain.(*ade)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker