TEKNO

Uber Siapkan Seribu Helikopter Untuk Layani Melbourne Mulai Tahun Ini


Melbourne, OborSultra.com – Layanan berbagi kendaraan Uber sedang merencanakan layanan baru, UberAir, berupa 1000 helikopter yang akan digunakan melayani penumpang di Melbourne, Australia, mulai tahun ini. layanan ini diharapkan sudah siap tahun ini juga, termasuk 83 tempat pendaratan heli di seluruh kota.

Uber sebelumnya sudah mengungkapkan adanya rencana ujicoba layanan jasa helikopter di tiga kota yaitu Melbourne, Los Angeles dan Dallas (keduanya di Amerika Serikat).

Baca juga : Pemerintah Arab Saudi Hentikan Visa Umroh Sementara Waktu

Menurut Uber, tingkat kebisingan dari helikopter tesebut adalah 67 decibel bagi mereka yang berada di darat, ketika helikopter tersebut mencapai ketinggian 75 meter. Tingkat kebisingan ini sama dengan suara mesin pengisap debu (vacuum cleaner) atau suara dari jalanan yang sibuk.

Petra Stock, seorang peneliti mengatakan dia mengkhawatirkan dampak dari skema layanan helikopter Uber tersebut. Menurutnya, sejauh ini tidak banyak informasi yang tersedia mengenai rencana Uber ini.

“Kita tidak tahu rinciannya seperti apa. Misalnya berapa helikopter yang akan dioperasikan, berapa landasan dan kemana saja heli itu akan terbang,” kata Stock.

“Kita tidak tahu dampaknya terhadap privasi. Misalnya bagaimana mereka menggunakan data nomor telepon kita,” tambahnya.

Ket foto : Uber berencana menggunakan helikopter dengan tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. (Uber)

Menurut badan promosi wisata di negara bagian Victoria, helikopter Uber tersebut tidak perlu mengikuti rute tetap, serta “puncak gedung tinggi dan tempat parkir dengan mudah bisa diubah menjadi landasan heli.”

Uber sebelumnya menyatakan ujicoba sudah dilakukan di Melbourne, Los Angeles dan Dallas, dan diperlukan sekitar seribu helikopter serta 83 landasan agar bisnis tersebut menguntungkan.

Baca juga : Larangan Merekam Sidang Tanpa Izin Pengadilan Dicabut Mahkamah Agung

Otoritas Penerbangan Sipil Australia (CASA) yang menerbitkan lisensi bagi pilot dan juga mengawasi keamanan udara mengukuhkan perlunya kerahasiaan untuk saat ini dan bila semua disetujui, layanan transportasi helikopter akan dimulai tahun in dengan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia di Bandara Tullamarine dan Pusat Kota Melbourne.

Layanan ini kemudian akan mengalami peningkatan bisnis ketika helikopter listrik tersedia, konsep yang sekarang sedang dikembangkan oleh Boeing, Toyota dan Hyundai. Para pembuatnya mengatakan helikopter listrik ini akan mengeluarkan suara lebih pelan dibandingkan helikopter yang ada sekarang.(muh)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close