KESEHATAN

DPRD Sultra Desak Pemegang IUP Segera Periksakan Kesehatan TKA Asal China


Kendari, OborSultra.com – DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendesak seluruh pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) khususnya nikel, segera memeriksakan kesehatan tenaga kerja asing (TKA) asal China terkait penyebaran virus corona.

“Pemeriksaan kesehatan sejak dini bagi para pekerja WNA asal China ini, penting dilakukan untuk menghidari penyebaran virus di lokasi perusahaan tambang, karena disitu juga banyak masyarakat lokal yang sama-sama bekerja dengan WNA,” ujar Sekretaris Komisi-IV DPRD Sultra Fajar Ishak, di Kendari, Kamis (30/01/2020),

Baca juga: China Menutup Sejumlah Kota, Suplai Makanan di Toko-toko Mulai Menipis di Wuhan

Fajar menjelaskan, saat ini mestinya pemprov Sultra melalui dinas kesehatan sudah menyurati pemegang IUP untuk segera memeriksakan kesehatan para pekerja WNA-nya yang baru datang dalam kurun waktu Desember 2019 dan Januari 2020 ini.

“Penyebaran virus corona sangat berpotensi karena hampir setiap hari WNA asal negara China baik yang bekerja disejumlah perusahaan tambang nikel di wilayah Sultra maupun di Morowali Sulawesi Tengah (Sulteng), seluruhnya keluar masuk melalui Bandara Haluoleo Kendari,” papar Fajar.

Baca juga: Ini Penjelasan Dokter Tentang Virus corona, Gejala dan Bahayanya

Dia juga mendesak pemeriksaan kesehatan pekerja tambang asal China sesegera mungkin dilaksanakan untuk memastikan bahwa pekerja di sejumlah perusahaan tambang itu aman dari virus yang sangat membahayakan itu.

DPRD Sultra juga meminta pemerintah segera melakukan moratorium atau penghentian sementara masuknya pekerja asing asal China, hingga penyebaran virus corona benar-benar steril.(*ade)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close