DAERAH

TP-PKK Kabupaten Butur Teken MoU Pasarkan Produk Pertanian Organik


Buranga, OborSultra.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Utara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan PT. Tosalaro Bumdesma (Bumdes bersama) dalam bidang pemasaran produk olahan hasil pertanian organik. Penanda tanganan MoU dilaksanakan di Aula Kecamatan Kulisusu Utara oleh ketua TP. PKK Kab. Butur Ny. Dra. Hj. Sitti Rabiah Abu Hasan dan Dirut PT. Tosalaro Bumdesma Ruhini, Rabu (30/1/2020).

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Buton Utara Dra. Hj. Sitti Rabiah Abu Hasan mengatakan sangat mendukung kerja sama ini dalam bentuk memberikan bantuan pelatihan cara pengemasan produk pertanian organik agar memberi nilai jual lebih tinggi.

Baca juga: Kadis Pertanian Butur : Faktor Alam Salah Satu Penyebab Petani Jagung di Butur Gagal Panen

“Cara pengemasan produk lebih higienis dan menarik adalah penting sehingga produk yang kita jual dapat bersaing di pasaran lokal maupun diluar,” ujarnya.

Bukan hanya itu saja, TP-PKK Kabupaten Butur melalui Koperasi PKK jg akan membantu dalam hal sosialisasi dan pemasaran produk yang dihasilkan PT. Tosalaro Bumdesma sehingga masyarakat Butur lebih mengenal produk-produk hasil bumdes yang tidak kalah bersaing dengan produk nasional lainnya seperti minyak VCO, minyak goreng Molino dan beras Wakawondu.

Bupati Butur yang hadir mendampingi Ny. Sitti Rabiah Abu Hasan dalam sambutannya mengapresiasi kerjasama ini karena TP-PKK bukan saja akan menjadi distributor produk PT. Tosalaro Bumdesma tetapi juga menjadi mitra dalam hal peningkatan mutu, pengepakan dan penampilan produk yang lebih berkualitas, higienis, serta menarik konsumen.

Baca juga: Kembangkan Pertanian Organik, Bupati Koltim Serahkam Bantuan POC

“”Komoditas pertanian organik dari desa-desa Buton Utara, seperti beras merah, beras cokelat, kacang mete, kopra, dan hasil laut yang berpotensi untuk dikelola cara pengemasannya sehingga nampak lebih berkualitas dan menarik ” ujar Abu Hasan.

Abu Hasan menambahkan bahawa Pemkab Buton Utara telah mengeluarkan Perbup yang mengatur tentang ASN dianjurkan untuk membeli produk lokal daerah untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat Buton Utara.

Kegiatan dihadiri pengurus TP-PKK Kab. Butur, Bupati Butur, Camat Kulisusu Utara, Kepala desa dan bumdes pemilik PT Tosalaro serta Komisaris PT Tosalaro.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close