KESEHATAN

Stok Darah di Kantor PMI Kendari Kosong


Kendari, OborSultra.com – Stok darah di PMI Kendari per 30 Maret 2020 kosong sejak merebaknya isu wabah virus COVID-19 sementara permintaan kantong darah selalu ada setiap hari dari pihak rumah sakit. Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kendari Dedy mengatakan sejak pandemi Covid-19 sampai ke Sulawesi Tenggara pada awal Maret 2020, PMI kesulitan mendapatkan darah.

Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya sekarang takut datang ke Kantor PMI sejak pemerintah memberlakukan imbauan warga tak keluar rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Baca juga: Waktunya Melawan Virus Corona (Covid-19) Dengan Berpikir Positif

Menurut Edi, sebelumnya dalam sebulan stok darah di bank darah PMI bisa mencapai 1.000 sampai 1.500 kantong darah. “Untuk kebutuhan darah kami hanya berharap dari donor pengganti dari keluarga atau pendonor sukarela,” ucap Dedy, Senin, (30/3/2020).

Dedy menambahkan ada 567 kantong darah milik pasien di PMI. Namun, itu sumbangan pendonor keluarga pasien yang dititipkan di PMI.





PMI Kendari, dia melanjutkan, terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak takut mendonorkan darahya di tengah wabah Covid-19. Toh, sebelum dilakukan transfusi, petugas PMI akan mengecek kesehatan pendonor.(*ade)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close