NASIONAL

Ida Pedanda Gde Putu Singarsa, Sulinggih Yang Tertukar?

"PHDI Kota Bandung layangkan Somasi Protes Berita Bersumber dari PHDI Kota Cimahi"


Cimahi, OborSultra.com – Bak drama sinetron seperti yang sering kita saksikan dilayar kaca, Sulinggih di Pura Agung Wira Loka Natha di Kota Cimahi, Ida Pedanda Gde Putu Singarsa yang sudah mengabdikan diri selama 43 Tahun sebagai sulinggih pada umat di jawa barat dan khususnya di Pura Agung Wiraloka Natha Kota Cimahi Jawa Barat tidak diakui pengabdiannya.

Padahal Pura Agung Wira Loka Natha yang terletak di dekat Komplek Perumahan Angkatan Darat (KPAD) Sriwijaya Cimahi, Kota Cimahi Jawa Barat tersebut sejatinya memiliki penglingsir/Sulinggih Ida Pedanda Gede Putu Singarsa yang mengabdi kan diri sejak tahun 1978 s/d 2021.


Hal tersebut membuat geram keluarga besar Ida Pedanda Gde Putu Singarsa yang merasa keberatan terkait adanya pemberitaan mengenai Pura Agung Wira Loka Natha yang diberitakan oleh beberapa media nasional yang menyebutkan bahwa selama 43 Tahun, Pura Agung Wira Loka Natha tidak memiliki Sulinggih.

Baca Juga:
Pura Agung Wira Loka Natha Cimahi
Pura Agung Wira Loka Natha Cimahi

Ida Bagus Satwika, mewakili keluarga besar Ida Pedanda Gede Putu Singarsa menyebutkan bahwa berita yang dimuat pada media nasional tersebut tidak benar, karena Pura Agung Wira Loka yang masih dalam kawasan Kota Cimahi dan terletak di dekat Komplek Perumahan Angkatan Darat (KPAD) Sriwijaya Cimahi, Kota Cimahi Jawa Barat tersebut sejatinya memiliki penglingsir/Sulinggih Ida Pedanda Gede Putu Singarsa yang mengabdi kan diri sejak tahun 1978 s/d 2021.

“Jelas kami keberatan, seolah-olah orang tua kami yang sudah mengabdi selama lebih dari 40thn pada umat di jawa barat dan khususnya di Pura Agung Wiraloka Natha tidak diakui pengabdiannya,” ujarnya di Mataram, Kamis (29/4/2021).

Diberitakan sebelumnya oleh iNews Jabar bahwa setelah 43 Tahun Pura Agung Wira Loka Natha tidak memiliki sulinggih dan baru melaksanakan Prosesi Paridaksan Dwijati dengan melantik Jro Mangku Ida Bagus Nyoman Wirawan dan Jro Mangku Ida Ayu Dewi Susiani sebagai sulinggih pada Rabu (28/4/2021).

Ida Pedanda Gde Putu Singarsa

Pura Agung Wira Loka Natha Cimahi
Surat somasi kepada PHDI Kota Cimahi terkait adanya memberitaan tersebut dimana seluruh pernyataan di dalam berita tersebut dinyatakan dikutip dari pernyataan Ketua PHDI Kota Cimahi, I Nyoman Sukadana.

Berbagai keluhan dan penolakan yang disampaikan umat terkait kebenaran isi berita tersebut yang tidak sesuai dengan kenyataan bahwa selama 43 tahun Pura Agung Wira Loka Natha khususnya dan pura-pura lainnya di Bandung Raya pada umumnya, serta seluruh umat di Bandung Raya telah dibimbing oleh seorang sulinggih yaitu Ida Pedanda Gde Putu Singarsa.

Sementara itu Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bandung pada Kamis (29/4/2021) telah melayangkan somasi kepada PHDI Kota Cimahi terkait adanya memberitaan tersebut dimana seluruh pernyataan di dalam berita tersebut dinyatakan dikutip dari pernyataan Ketua PHDI Kota Cimahi, I Nyoman Sukadana.

Ida Pedanda Gde Putu Singarsa
Ket foto: Ida Pedanda Gde Putu Singarsa

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Cimahi I Nyoman Sukadana yang coba dihubungi OborSultra.com untuk klarifikasi terhadap pemberitaan tersebut ponselnya tidak aktif.

Surat somasi yang dilayangkan tersebut isinya antara lain meminta pihak yang menjadi narasumber dan pihak yang memberitakan perihal tersebut meluruskan ketidakbenaran berita tersebut dan memuat berita yang sesuai dengan fakta kebenaran terkait keberadaan sulinggih di Cimahi selama 43 Tahun ini.

“Menuntut permohonan maaf pihak-pihak yang terlibat dalam pemberitaan ini kepada Ida Pedanda Gde Putu Singarsa dan keluarga besar dan agar pihak-pihak yang terlibat tidak melakukan hal serupa Kembali di masa yang akan datang,” seperti dalam kutipan surat tersebut.(ade)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker