PARIWISATA

Pesona Labengki, Pulau Rahasia Yang Menunggu Pinangan Pemerintah

"Karang batu menjulang di Laguna Mahumalalang membuat tempat ini sangat Instagramable"


Kendari, OborSultra | Wisata alam eksotis di Indonesia seperti tidak ada habis-habisnya untuk dieksplorasi. Dari air terjun yang megah, bukit-bukit yang menawarkan pemandangan ciamik, hingga pantai indah yang tersebar di setiap pulaunya.

Labengki adalah kawasan yang terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil, satu pantai indah yang boleh diadu kecantikannya dan bisa dijadikan referensi tempat refreshing jika berkunjung ke Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.


Pulau Labengki (dan tetangganya yang eksotis Sombori) mungkin saja merupakan tempat unik yang bisa dibilang alam rahasia terbaik yang ada di Indonesia. Surga tropis yang belum tersentuh di Sulawesi ini sangat indah dengan alam paling mempesona.

Baca Juga:

Labengki dan Sombori belum dimanjakan oleh pariwisata kalau bisa dibilang begitu. Pengelolaan kawasan dikelola oleh Tim Konservasi Kima Tolitoli-Labengki Sultra, yayasan konservasi alam yang melakukan kegiatan pelestarian terumbu karang dan kerang kima (Tridacna) mulai dari survey, relokasi, pemukiman dan pemeliharaan. Yang mana semua kegiatannya masih mengandalkan biaya pribadi dan beberapa sumbangan dari teman-teman dan keluarga.

Pendiri dan sekaligus Ketua Tim Konservasi Kima Tolitoli-Labengki Sultra, Habib Nadjar Buduha menjelaskan bahwa yayasannya mulai melakukan pelestarian kerang Kima sejak Oktober 2009.

“Kami telah membentuk tim kecil untuk memulai dan mewujudkan ide tersebut dan dengan menggunakan biaya pribadi dan beberapa sumbangan dari teman dan keluarga, dan dengan peralatan seadanya, kami mulai melakukan konservasi. Sekarang, selain memulai program standarnisasi penanggulangan COTs, kami sedang merancang kawasan fokus kima di pulau Labengki, Kawasan yang kami sebut sebagai Kimahboe Spot akan diisi dengan seluruh species kima yg ada di Asia,” kata Habib pada Rabu (30/6/2021).

“Mumpung di Indonesia Timur masih bisa ditemukan 8 species Kerang Kima. Pada spot ini akan menjadi pusat edukasi kima dan ekosistim laut dangkal, pusat penelitian alam dan untuk pariwisata, Mudah-mudahan Allah memudahkan urusan kami karena duitnya mesti usaha sendiri, hehe. Dan Insya Allah dapat dimulai bulan Agustus mendatang,” sambung Habib.

Rencananya, pada awal September nanti pihaknya akan melakukan Expedisi Gigas untuk mencari Tridacna Gigas (spesies Kima terbesar) di Halmahera selatan selama 20 hari perjalanan. Lalu kemudian akan di relokasi ke pusat studi Kima di Pulau Labengki.

Pria yang juga merangkap sebagai pemandu wisata Labengki ini menjelaskan lokasi-lokasi yang perlu dikunjungi di kawasan wisata Labengki, Diving, Laguna Mahumalalang (Blue Lagoon), Pantai Pasir Panjang, Gua Kolam Renang dan Pantai Pasir Merah.

Laguna Mahumalalang

Laguna yang dikelilingi barisan karang tajam berwarna hitam keabuan ini airnya berwarna hijau toska. Di bagian pinggirnya yang dangkal dan jernih terlihat dasar laguna berupa pasir. Sesekali terlihat ikan-ikan kecil lalu-lalang. Karang batu menjulang di beberapa tempat membuat laguna ini sangat Instagramable. Ada yang menyebutnya Blue Lagoon atau Green Lagoon.

Laguna Mahumalalang
Laguna Mahumalalang (Blue Lagoon) di Pulau Labengki

Jadi apa saja sih yang bisa dinikmati di Labengki? Habib menjelaskan hampir semua tempat di Pulau Labengki bisa di nikmati.

“Sejak perahu kayumu menepi di dermaga Labengki kecil, pantai indah dan air laut yang sangat jernih sudah menghipnotismu untuk berenang,” ujar Habib.

Kegiatan diving tidak boleh luput dari list. Sulawesi Tenggara terkenal akan surga bawah lautnya. Mungkin kamu sudah pernah mendengar Wakatobi yang berlokasi di provinsi yang sama. Nah, pantai indah dan kekayaan alam bawah laut Labengki ini tidak boleh di sia-siakan.

“Jelajahi semua pantai indah tersebut selagi bisa, ini tempat rahasia,” ujar Habib.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker