NASIONAL

10 Desa Di Buton Utara Dapat Program Astra Tahun 2020


Jakarta, OborSultra.com – Sepuluh desa di Kabupaten Buton Utara tahun ini mendapatkan bantuan program Astra, sebuah perusahaan yang menjalankan 4 pilar kesejahteraan masyarakat melalui kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan.

Dalam perluasan desa, Astra bekerjasama dengan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT) untuk memilih desa-desa yang di calonkan menjadi desa binaan agar benar-benar menjadi penghubung program Kemendes dengan program-program yang lain.

Ket. foto: Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kick Of Desa Sejahtera Astra antara Chief of Coorporate Affair Astra dengan Kemendes PDTT, Kemetrian PDT, Kementrian P2MD, serta Kementrian Agama.(ist)

Perjanjian Kerjasama Kick Of Desa Sejahtera Astra ditandatangani oleh Chief of Coorporate Affair Astra dengan Kemendes PDTT, Kemetrian Pembanguan Daerah Tertinggal, Kementrian Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, serta Kementrian Agama, dilaksanakan di Jakarta, Kamis (29/7/2020) yang disaksikan secara virtual oleh seluruh penerima program di seluruh Indonesia.

Dari 65 penerima program Astra tahun 2020 di seluruh Indonesia, 10 diantaranya merupakan desa-desa yang berada di wilayah Kab. Buton Utara. Desa-desa tersebut adalah desa Eelahaji, desa Tomooahi, desa Wasalabose, desa Jampaka, desa Rombo, desa Linsowu, desa Lantagi, desa Kadacua, desa Lamoahi, desa Lanosangia, Kecamatan Kulisusu dengan pengembangan produk kacang mete.

Dalam sambutannya, Chief of Coorporate Affair Astra, Riza Deliansyah mengatakan deklarasi bersama merupakan komitmen untuk mengembangkan ekonomi desa dalam rangka program desa sejahtera astra.

“Deklarasi bersama merupakan komitmen untuk mengembangkan ekonomi desa dalam rangka program desa sejahtera astra. Dengan menggunakan digital startup untuk mempercepat akselerasi program sesuai bidangnya masing-masing (perikanan, pertanian), dan mereka akan menjadi offtaker yang akan membeli, mengekspor serta mendistribusikan barang agar hasil yang didapat dari desa bermanfaat buat masyarakat,” kata Riza.

“Kampung berseri Astra menuju desa sejahtera merupakan program kontribusi sosial yang berkelanjutan, fokus pada pengembangan kewirausahaan berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi ekonomi lokal/unggulan dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat, mendorong terbentuknya ekonomi berbasis masyarakat serta peningkatan ekonomi masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, pemberian bantuan prasarana serta modal dan pemasaran,” lanjutnya.

Sementara itu, Mendes PDTT, Dr. (H.C) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan segala upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang fokus pada transformasi sumberdaya manusia dan transformasi ekonomi.

“Segala upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan kemitraan untuk membangun desa yang fokus pada transformasi sumberdaya manusia dan transformasi ekonomi,” kata Halim.

“Kemitraan untuk membangun desa sesuai rujukan utama yaitu 17 tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai kondisi dan kearifan lokal dengan target religius masyarakat desa, pembanguan desa yang tidak keluar dari budaya warga masyarakat, desa tanpa kemiskinan dan desa tanpa kelaparan menuju ketahanan pangan desa,” ujarnya.(*ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close