DAERAH

Peduli Lansia, Rumah Zakat Pesantren Ainun Habibi Buka Kebun Gizi


Kendari, OborSultra.com – Rumah Zakat Pesantren Lansia Ainun Habibi kota Kendari kerjasama dengan Balai Pengkajian Tanaman Pangan (BPTP) Prov. Sultra melaksanakan kegiatan kebun gizi lansia dalam rangka peningkatan kemauan para lansia dalam bercocok tanam, bertempat di lokasi Rumah Zakat Pesantren Ainun Habibi kota Kendari, Rabu (30/09/2020).

Ketua kelompok kebun gizi lansia sekaligus ketua Rumah Zakat Pesantren Ainun Habibi kota Kendari, Lisnawati, mengatakan ada dua kelompok lansia yang aktif dalam program ini.

“Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak dua bulan lalu melalui pembentukan 2 kelompok lansia dengan jumlah anggota sebanyak 60 orang, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan para lansia, juga sebagai olah raga ringan dimasa pandemi Covid-19,” ungkap Lisnawati.

Ket.foto: Tanaman sayur, buah dan hortikultura pada kebun gizi lansia kel. Wtulondo.(foto: Syamsul).

“Bibitnya kami siapkan kemudian pihak BPTP Prov. Sultra yang memberikan pendampingannya,” tambahnya.

Sementara itu, tim dari BPTP, Juliani Zainuddin, menyampaikan kerjasama ini dibangun untuk memberikan kegiatan kepada para lansia.

“Melalui pendampingan BPTP, para lansia dan pra lansia dari kelurahan Watulondo kecamatan Puuwatu didampingi dalam proses penanaman tanaman sayur, buah dan hortikultura. Disamping sebagai olahraga ringan bagi para lansia, juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dari para lansia dimasa pandemi Covid-19,” kata Juliani.

“Tugas kami adalah mendampingi dan memberi pemahaman kepada para lansia dalam pelaksanaan penanaman sayur, buah dan hortikultura dalam kebun gizi,” jelasnya.

Lurah Watulondo, St. Muharo, mengatakan sagat mendukung kegiatan yang dilaksanakan para lansia dalam mengisi waktunya.

Ket.foto: Anggota kelompok kebun gizi lansia di Kel. Watulondo Kec. Puuwatu.(foto: Syamsul).

“Kami selaku pemerintah kelurahan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan para lansia bekerjasama dengan BPTP kota Kendari,” kata St. Muharo.

“Melihat para lansia semangat, tentunya memberi contoh kepada kami yang muda-muda agar lebih semangat dan ikut serta dalam kegiatan tersebut. Kami berharap agar kegiatan seperti ini dapat dikembangkan dan menjadi contoh bagi daerah lain,” tutupnya.(Syam)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close