INTERNASIONAL

Penyebaran Makin Meluas, KBRI Beijing Imbau WNI Segera Tinggalkan China


Jakarta, OborSultra.com- Kedutaan Besar RI di Beijing mengimbau warga negara Indonesia di seluruh wilayah China untuk pulang ke Tanah Air agar terhindar dari wabah virus corona sampai situasi kembali normal.

“Menyikapi merebaknya wabah virus corona di China akhir-akhir ini, bagi warga negara Indonesia di seluruh China sekiranya tidak ada kepentingan yang mendesak, kami mengimbau untuk kembali ke Indonesia sampai situasi normal kembali,” demikian surat keterangan yang ditandatangani Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus, Rabu, (29 /01/2020).

Baca juga: China Menutup Sejumlah Kota, Suplai Makanan di Toko-toko Mulai Menipis di Wuhan

Menurut Ichsan, surat keterangan tersebut dikeluarkan atas permintaan para mahasiswa di sejumlah daerah di China yang tidak bisa keluar dari kampus karena pintu gerbang dikunci.

Kata dia, beberapa kampus memang melarang mahasiswanya pulang. Mereka baru mengizinkan kalau ada surat keterangan dari KBRI, sementara masih banyak pelajar asal Indonesia yang memilih tinggal di China meskipun libur semester, saat ini.

“Kami memang mengeluarkan surat itu, tapi sebenarnya tidak melulu imbauan melainkan surat keterangan bagi WNI, khususnya pelajar Indonesia yang hendak pulang,” kata Ichsan kepada Antara di Beijing, Kamis malam (30/1/2020).

Oleh karena itu, KBRI meminta pihak kampus dapat memberikan kemudahan dan akses keluar ke bandara terdekat bagi WNI yang hendak pulang ke Tanah Air.

Ket foto : Data 2019-nCoV Global Cases (by Jhon Hopkins CSSE) As of Jan 30, 2020 9:30 pm EST.

Data John Hopkins CSSE, yang bersumber dari Lembaga kesehatan dunia WHO merilis, hingga Jumat (31/1/2020), jumlah korban meninggal akibat virus mematikan itu telah mencapai 213 orang dan menginveksi 9.776 orang diseluruh dunia.

Di daratan cina saja, jumlah yang terinfeksi mencapai 9.658 orang dan yang meninggal terbanyak di Provinsi Hubei jumlahnya 204 orang.

Baca juga: Ini Penjelasan Dokter Tentang Virus corona, Gejala dan Bahayanya

China telah mengisolasi Provinsi Hubei, khususnya wilayah Wuhan yang diduga merupakan tempat asal virus corona. Diyakini virus itu berasal dari binatang yang dijual di pasar setempat.

Selain di China, kasus infeksi virus corona terdeteksi di sejumlah negara, yakni di Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, Nepal, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang, Kamboja, dan Jerman. Lalu Finlandia, Uni Emirat Arab, Filipina, dan India.

Meski demikian belum ada laporan korban meninggal selain di China. (*ade)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close